-->

Cara menjahit baju gamis robek atau bolong untuk pemula

Cara menjahit baju gamis robek atau bolong untuk pemula

Informasi Seputar Musik, Biografi Band, Sejarah Tentang Artis, Penyanyi, Berita Musik Rock Metal Terbaru, Tutorial, Tips Dan Arti Cara

Cara menjahit baju gamis robek atau bolong untuk pemula 



Cara menjahit yang paling benar itu dapat mempengaruhi kualitas dari hasil busana (produk) baju, disamping itu pola yang paling baik adalah ukuran yang akurat, tepat. serta desain yang sangat bagus itu semua adalah merupakan suatu kesatuan dari proses untuk pembuatan busana, salah satu diantaranya ada yang tidak benar maka tidak semua itu tidak akan tercapai produk yang berkualitas baik.

Untuk membuat suatu busana ( baju ) yang menarik kita harus mempunyai konsep yang bagus agar mendapatkan hasil yang optimal, untuk teknik menjahit yang harus dipakai adalah di sesuaikan dengan desain baju atau busana dan tentu juga disesuaikan dengan bahan dasar dari pabrik yang kita dipakai. 


Berikut ini cara menjahit baju gamis robek dan bolong dengean metode tusuk


busana atau baju yang perlu disesuaikan dengan desain agar kita tetap dapat memilih dan juga dapat menerapkan teknik yang baik tepat dan juga sesuai dengan busana baju yang kita buat.


Teknik tusuk dasar cara menjahit baju untuk pemula


Cara Tusuk dasar menjahit  dengan menggunakan alat seperti jarum tangan yang akan di tusukkan ke baju. Ada juga beberapa tusuk dasar yang  biasanya digunakan dalam menjahit baju yang robek. Berikut macam2 jenis tusuk jarum dalam menjahit

1.Tusuk Jelujur
2.Tusuk Tikam 
3.Jejak Tusuk 
4.Flanel Tusuk 
5.Feston Tusuk 
6.Balut Tusuk Batang/tangkai
7.Tusuk Rantai
8.Tusuk Silang
9.Tusuk Piquar


Cara menjahit baju bolong yang rapi dan cepat


Bagi kamu yang baru pertama belajar menjahit  perlu berlatih dan belajar menjahit baju untuk mendapatkan hasil jahitan yang maksimal, di bawah ini ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan.

1.Niat

Langkah yang pertama harus di lakukan adalah dengan niat. Niat ini sangat penting karna dapat menentukan hasilnya,  apabila anda sudah mempunyai niat, segerahlah kamu berkomunikasi  kepada orang terdekat. Cara ini sangat penting, agar mereka ini memberikan dukungan kepadamu pada saat kamu mulai belajar menjahit baju

2.Meluangkan Waktu untuk belajar

Perlunya kamu untuk meluangkan waktu. Karena sering kali  tidak pernah meluangkan waktu untuk belajar menjahit baju selalu akan tertunda dan akhirnya pun tidak bisa sama sekali.

Walaupun kamu belajarnya secara otodidak, kita harus memiliki waktu yang sangat khusus untuk belajar. Baik itu hanya 60 menit atau bahkan berjam2 agar cara menjahit kamu menjadi rapi

3. Dengan tetap fokus

Dalam dunia menjahit baju, masih banyak  teknik yang bisa untuk dikembangkan. contohnya teknik knitting,  teknik clay, teknik  jahit, teknik crochet, dan sebagainya.

Permasalahan paling utama yang dihadapi yaitu ketika kita sudah belajar menjahit baju atau pakaian dan celana secara tekun lalu kita melihat teman belajar di cabang yang lain, Anda langsung mengikuti dan mencari tutorialnya. Hal yang seperti inilah dapat membuat cara menjahit baju akan menjadi lebih lama dikarena  tidak fokus di suatu pembelajaran.

Apa saja perlengkapan untuk cara menjahit baju dari fungsinya dan penggunaannya


1. Pencil dan kertas
Untuk menentukan gambar dan pola dasar untuk menjahit baju atau busana.

2. Alat ukur / penggaris
Untuk membuat garis yang lurus, itu semua tidak bakal jadi lurus tanpa ada bantuan dari sang penggaris ini juga penting.

3. Alat pemotong ( gunting )
Di sini Ada banyak macam gunting yang harus kamu ketahui di antaranya :

Gunting kertas, Gunting kain, gunting besar, gunting benang, gunting kecil, gunting bergerigi, pendedel, dan rotary. cutter ini adalah jenis alat pemotong dalam istilah jahit menjahit.

4. Penanda kain
Sangat mudah  hilang apabila kena air. Penanda kain atau dalam bahasa inggrisnya adalah fabric marker fungsinya sebagai penanda pada kain yang akan kita potong nantinya.

penanda kain ini sangat banyak macemnya, mulai dari , kapur jahit, rader, pencil kapur dan lain lain semuanya itu bisa membantu untuk membuat tanda atau garis di atas kain.

5. Jarum
Ada 3 macam jarum yang perlu untuk menjahit segala jenis kain

*Jarum yang khusus untuk mesin jahit, nomor jarum yang   biasanya  di pakai yakni menggunakan nomor  9 sampai 14.

*jarum tangan, jarum yang  digunakan secara manual menggunakan tangan.

*jarum pin, jarum pin ini biasanya disematkan di  kain yang bertumpuk, untuk membantu kain tidak bergerak kemana2 dan memudahkan untuk menjahit.


Itulah tata cara menjahit baju yang bisa saya bagikan semoga kalian semua bisa memahami dan menjadi desainer yang profesional. apabila artikel di atas sangat membantu anda.

Jangan lupa untuk membagikan ke teman2 anda agar mereka tahu apa yang anda ketahui

Share this:

Disqus Comments