-->

Cara menjahit celana yang bolong atau sobek

Cara menjahit celana yang bolong atau sobek

Informasi Seputar Musik, Biografi Band, Sejarah Tentang Artis, Penyanyi, Berita Musik Rock Metal Terbaru, Tutorial, Tips Dan Arti Cara

Berikut ini adalah cara menjahit celana yang bolong atau sobek. Celana yang sobek emang sangat menyebalkan apa lagi itu celana favorit kita yaaaah kan. 

Tentu saja kita pasti pusing dengan kondisi celana favorit sobek atau bolong. Tetapi tanang saja saia akan berikan tutorial singkat cara menjahit celana yang sobek atau bolong.

Dengan menjahit celana dengan jarum tusuk atau manual pakai tangan adapun jenis jarum tusuk jahit itu ada beberapa macam ada jarum yang besar dan ada juga jarum tusuk yang kecil.


Ada beberapa macam cara menjahit celana sobek atau bolong dengan tusuk jarum



1.  Tusuk Jelujur

Adalah merupakan jenis dari tusuk menjahit mempunyai arah yang horizontal, yaitu antara ukuran dan jarak tusuk jahitan  pada kain selalu diatur dengan sama panjang. 

2. Tusuk Feston

Adalah jenis tusuk menjahit yang berfungsi sebagai penyelesaian dari tiras, yaitu seperti tiras lingkar kerung lengan pingiran atau pinggiran pada pakaian bayi. 

3. Tusuk Flanel

Adalah Cara dasar menjahit yang biasa digunakan untuk mengelemm pinggiran busana atau Celana yang diobras yakni terutama pada busana yang dibuat dari bahan yang mahal. Tusuk flanel ini bisa juga digunakan sebagai bentuk Hiasan dinding rumah minimalis.

4. Tusuk Batang

Adalah jenis tusuk menjahit yang dapat digunakan untuk membuat hiasan dinding rumah minimalis. Sekilas dari tusuk batang ini  adalah lebih mirip dengan tali tambang, banyak juga yang menyebutnya dengan istilah tusuk tangkai. Cara membuatnya dengan cara menusukan mundur dari kiri ke kanan.

5. Tusuk Pipih

Adalah jenis tusuk menjahit yang orang biasanya digunakan untuk melekatkan benang pada kain, dan membuat bentuk aneka bentuk hiasan seperti hidung atau mata boneka, serta untuk menutup seluruh permukaan ragam hias.

6. Tusuk Rantai

Adalah jenis tusuk menjahit yang terdiri dari beberapa kelompok jahitan yang bentuk seperti rantai. Meskipun ini termasuk ke dalam teknik menjahit yang kuno, tapi tusuk rantai ini hingga saat ini masih banyak orang menggunakannya.

7. Tusuk Silang

Adalah teknik cara dasar menjahit yang sangat bermanfaat untuk menjaga lipatan agar tetap berada pada posisinya, saat disematkan pada suatu lapisan  kain yang lain.

8. Tusuk Balik atau Tusuk Tikam Jejak

Adalah jenis tusuk menjahit yang jika dilihat dari bagian atas biasana tampilan ini tampak seperti jahitan mesin namun apa bila dilihat dari bagian bawah pada tusukan ini tampak seperti jahitan yang rangkap.

9. Tusuk Piquar

Adalah jenis tusuk menjahit yang biasanya untuk difungsikan cara memasangkan bulu kuda pada suata jas atau mantel. Selain dapat diaplikasikan pada jas. tusuk piquar ini bisa juga digunakan untuk tusuk hias pada baju yang sobek

10. Tusuk Balut

Adalah jenis tusuk menjahit yang biasa dipakai untuk cara menyambung dua bagian bahan yang letaknya harus tepat menurut coraknya. Tusuk balut ini bisa juga dapat difungsikan untuk menyelesaikan tiap tiras pada kampuh klim rol, untuk menyelesaikan tepi kampuh klim rol terutama pada bahan yang sangat tebal, serta penyelesaian pada pinggiran jahitan baju.


Ada pun cara menjahit celana bolong atau sobek dengan jarum tusuk sebagai berikut:

1. Siapkan benang jahit dengan warna tertentu sesuai kebutuhan.

2. Siapkan jarum jahit tangan yang akan anda gunakan untuk menjahit.

3. Masukkan benang yang akan digunakan ke dalam lubang jarum.

4. Ikat mati pada ujung benang.

5. Mulailah menjahit dari ujung kiri atau kanan kain.Supaya jahitan yang didapat lebih lurus dan rapi, anda bisa menggaris jalur jahitan dengan kapur atau menandai dengan jarum pentul.

Demikian artikel di atas membahas cara  menjahit celana sobek atau bolong dengan metode jahit tangan.

Share this:

Disqus Comments